Ciri-ciri Insecta Lengkap

0 comments

ciri, kelas insecta, morfologi serangga
(Sumber gambar:www.sonoma.edu)
Di dunia, terdapat 800.000 lebih spesies serangga sudah ditemukan, banyak kalangan berkeyakinan bahwa masih banyak ragam spesies serangga yang masih belum terindentifikasi. istilah insecta berasal dari bahasa latin "insecti "yang berarti serangga. Serangga merupakan arthropoda yang memiliki 6 kaki (3 pasang) atau dikenal dengan sebutan hexapoda. Adapun ciri-ciri insecta adalah sebagai berikut:
  1. Tubuh terbagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian kaput(kepala), bagian dada (toraks) yang terdiri dari tiga ruas ( protorak, mesotorak, dan metatorak) , dan abodemen (perut). 
  2. Pada bagian kepala terdapat sepasang mata facet dan oselus, sepasang antena, dan alat mulut.
  3. Memiliki sepasang sayap (diptera) yang terletak di bagian mesotorak dan metatorak (namun ada juga yang tidak memiliki sayap).
  4. Memiliki sepasang kaki pada setiap segmen toraks (6 kaki atau 3 pasang kaki). Kaki tersusun oleh beberapa segmen antara lain : 1) Koksa, 2) Trohanter, 3) Femur, 4) Tibia dan 5) Tarsus. Tarsus tersusun oleh beberapa ruas (biasanya lima) dan ujungnya seringkali dilengkapi dengan caka.
  5. Abdomen tersusun oleh lebih dari 11 segmen, segmentasinya sangat jelas dan tembus pandang (transparan). Pada ujung akhir dari segmen abdomen mengalami perubahan menjadi alat kelamin luar atau alat meletakkan telur. 
  6. Jenis kelamin insekta terpisah (jantan dan atau betina) dengan fertilisasi secara internal.
  7. Ada yang mengalami metamorfosis sempurna dan ada pula yang mengalami metamorfosis tidak sempurna.
  8. Sistem pencernaannya, dapat dibedakan menjadi 3 daerah utama : Stomodaeum (usus depan) terdiri darai mulut, faring, esophagus, proventrikulus dan ventrikulus. Mesenteron (usus tengah), kadang-kadang memiliki lambung, sekum yang mengarah ke depan Proktodaeum (usus belakang), terdiri dari rectum dan anus.
  9. Sistem sekresinya (pengeluaran) menggunakan buluh-buluh malpighi.
  10. Sistem sirkulasinya (Peredaran darah) jantung merupakan sebuah buluh dorsal yang terbuka pada kedua ujungnya, terdapat didalam hemosel yang dapat memompa darah menuju kepala. 
  11. Respirasinya menggunakan trakea (yaitu buluh-buluh internal yang membawa udara dari spirakulum) 
  12. Sistem saraf tangga tali, terdiri dari otak atau ganglion supra-esofageal didalam kepala diatas esophagus, sebuah ganglion sub-esofageal, sepasang batang saraf ventral, pada setiap segmen
Referensi: 
Sulilowarno.2008.Cara Mudah Menghadapi Ujian Nasional 2008. Grasindo 
Anonymous. Bahan Ajar Insecta. Unud
http://id.wikipedia.org/wiki/Serangga
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Intisains - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger