Memahami Tingkatan Taksonomi

0 comments

Taksonomi adalah cabang ilmu yang mempelajari pengelompokan atau sistematika mahluk hidup.
Tingkatan dalam taksonomi adalah sebagai berikut:
1. Kerajaan (Kingdom)
Di atas filum dan divisi terdapat tingkatan yang paling tinggi yaitu kingdom (kerajaan/negnum atau dunia). Semua hewan dimasukkan dalam kingdom animalia, semua tumbuhan dimasukkan dalam kingdom plantae.
2. Tumbuhan/Hewan (Divisio/Phyllum)
Filum merupakan tingkatan takson yang menghimpun beberapa klas memiliki persamaan ciri-ciri. Filum atau Devisi digunakan untuk menunjuk suatu kelompok makhluk hidup yang sebagian besar cirinya sama. Umumnya filum digunakan untuk menunjukkan takson hewan, sedangkan divisi digunakan untuk menunjukkan takson tumbuh-tumbuhan.
3. Kelas (Classis)
Merupakan beberapa ordo yang memiliki persamaan ciri dimasukkan ke dalam satu klas. Nama kelas adalah nama genus + nae. contoh: Equisetum + nae, menjadi kelas Equisetinae.
4. Bangsa (Ordo)
Ordo merupakan tingkatan takson yang menghimpun beberapa famili.
5. Suku (Familia)
Nama-nama suku pada umumnya merupakan suku kata sifat yang dijadikan sebagai kata benda berbentuk jamak. Biasanya berasal dari nama marga makhluk hidup yang bersangkutan. Bila tumbuhan, maka ditambahkan akhiran aceae. Contoh, nama suku Solanaceae, berasal dari kata Solanum + aceae. Tetapi bila hewan ditambahkan dengan idea. Contoh, nama suku Felidae, berasal dari kata Felis + idea.
6. Marga (Genus)
Nama marga tumbuhan maupun hewan terdiri atas suku kata yang merupakan kata benda berbentuk tunggal (mufrad). Huruf pertamanya ditulis dengan huruf besar. Contoh, marga tumbuhan Solanum (terong-terongan), marga hewan Felis (kucing), dan sebagainya.
7. Jenis (Spesies)
Spesies atau jenis merupakan takson yang menjadi satuan atau unit dasar klasifikasi. Dua organisme atau lebih dimasukkan dalam satu spesies yang sama jika organisme tersebut dapat melakukan perkawinan alami dan menghasilkan keturunan yang kotil. Contohnya padi, jagung, kedelai, sapi, kambing, semut rangrang dan rayap. Keturunan kotil artinya keturunan (anak-anak) yang dihasilkan dapat kawin dengan sesamanya dan dapat menghasilkan anak. Dalam satu spesies terdapat varietes dan ras. Istilah varietas digunakan untuk tumbuhan dan istilah ras digunakan untuk hewan. Pemberian nama dengan dua kata dikenal dengan istilah binomial nomenklatur.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Intisains - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger