Teori Asal Usul Kehidupan

0 comments

Pernakah sahabat sains bertanya "dari manakah asal usul kehidupan di muka bumi ini? ada dua teori yang sangat populer yang mencoba menjawab tentang asal usul kehidupan yaitu:
  1. Teori Abiogenesis Adalah aristoteles (384-322SM) seorang tokoh ilmuwan sekaligus filosof dari yunani yang menyatakan bahwa mahluk hidup terjadi secara spontan (generatio spontanea) atau mahluk hidup terjadi dengan sendirinya dari benda mati (abiogenesis). Teori ini bertahan cukup lama hingga jurang lebih pertengahan abab ke-17, namun kemudian era abiogenesis terbantahkan setelah ilmuwan fasal Italia  bernama Francesco redi melakukan percobaan pada daging yang diberi perlakuan secara berbeda. Percobaan ini kemudian banyak didukung oleh banyak ahli seperti Lazzaro Spallanzani (1729-1799) dan Louis Pasteur (1822-1895) yang kemudian melahirkan teori baru yang bernama Teori biogenesis  

  2. Teori Biogenesis Adalah  Francesco Redi (1626-1697) yang mengawali melakukan percobaan pada media daging yang diberikan perlakukan secara berbeda, Redi berkesimpulan bahwa benda mati (daging) tidak dapat berubah menjadi mahluk hidup. Belatung yang terdapat pada daging berasal dari lalat yang hinggap kemudian bertelur diatasnya. hasil penelitian ini kemudian disempurnakan lagi oleh ilmuwan yang bernama Lazzaro Spallanzani (1729-1799) dan Louis Pastuer (1822-1895). Setelah melalui berbagai penelitian maka teori abiogenesis tergantikan dengan teori biogenesis. Dalam pandangan teori biogenesis dinyatakan bahwa semua kehidupan hanya dapat terjadi dari kehidupan sebelumnya (omne vuvum ex vivo). Mau Lihat Video Percobaan FRANCESCO REDI ? Klik Aja Disini!
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Intisains - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger