Aristoteles

"Mahluk hidup berasal dari benda mati yang terjadi secara spontan karena adanya gaya hidup. Teori ini pertama dikemukanan oleh Aristoteles (384-322 SM)"

Teori Abiogenesis

Fransisco redi

"Kehidupan hanya berasal dari yang hidup pula. Fransisco Redi (1626-1697) Adalah orang pertama yang membantah teori abiogenesis"

Teori Biogenesis

Ciri-Ciri Kelas Trematoda (Cacing Isap) Lengkap

Fasciola hepatica, cacing isap
(Fasciola hepatica;www.parasitesinhumans.org)
Filum Platyhelminthes (Kelas Trematoda):

Trematoda dikenal juga sebagai cacing isap. Istilah Trematoda berasal dari bahasa yunani Trematodaes yang berarti punya lobang, bentuk tubuh pipih dorso ventral seperti daun. Menurut The Animal Diversity, anggota kelas trematoda diperkirakan berjumlah  9000 spesies, sedangkan menurut Zoolab University of Wisconsin, jumlah spesies kelas trematoda berjumlah 8000. Secara umum  ciri-ciri kelas trematoda adalah sebagai berikut
  1. Tubuhnya pipih dorsoventral, berbentuk seperti daun, tidak bersegmen. 
  2. Ukurannya bervariasi antara satu milimeter sampai beberapa sentimeter. 
  3. Mempunyai batil isap (sucker=acetabulum), yang terletak di bagian anterior, disebut batil isap mulut (oral sucker) dan di bagian ventral tubuh, disebut batil isap perut (ventral sucker ). Ada species yang mempunyai genital sucker (Heterophyes heterophyes). 
  4. Pada umumnya monocieus/hermaphrodite kecuali Schistosoma
  5. Tidak mempunyai rongga tubuh (body cavity). 
  6. Mempunyai sistem pencernaan, tetapi tidak sempurna.Mulut (oral cavity) yang dikelilingi oral sucker terletak di ujung anterior, dilanjutkan dengan pharynx, esophagus bercabang di depan ventral sucker dan menjadi sepasang usus yangberakhir buntu (caeca)yang bentuknya bervariasi: -simple/sederhana : hanya bercabang dua dan berakhir buntu (Clonorchis sinensis) -setelah bercabang dua lalu bercabang-cabang lagi ke lateral (Fasciola hepatica) - setelah bercabang lalu menyatu lagi menjadi satu satu caecum yang disebut reunited- intestine(Schistosoma). 
  7. Mempunyai sistem excretory (flame cell) dan sistem syaraf. 
  8. Berkembang biak dengan bertelur (oviparus)
  9. Telur mempunyai operculum (kecualiSchistosoma). 
  10. System reproduksi berkembang sempurna. Alat genital terletak di antara kedua percabangan intestine
  11. Hidup sebagai parasit
Referensi:
---------2000, Diktat Biologi Mikroba Sub Modul Parasitologi, Laboratorium Parasitologi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang.
http://animaldiversity.ummz.umich.edu/accounts/Trematoda/ 
http://www.uwlax.edu/biology/Zoo-Lab/Lab-05/Class-Trematoda.htm

Admin: TITA DAUMARUBelajar Mudah

Artikel Ciri-Ciri Kelas Trematoda (Cacing Isap) Lengkap
Intisains.com merupakan media pembelajaran biologi, fisika, kimia berbasis audio visual yang dikemas secara mudah dan sederhana.

:: Get this widget ! ::

Related Posts by Categories



Posted by: TITA DAUMARU
Intisains, Updated at: 15.44