Ciri-Ciri cacing Enterobius vermicularis

0 comments

ciri-ciri, morfologi, Enterobius vermicularis
sumber gambar:www.studyblue.com
Enterobius vermicularis atau yang dikenal dengan sebutan cacing kremi, pinworm,dan seatworm, merupakan penyebab penyakit Enterobiasis atau Oxyuriasis dan hospes satu-satunya adalah manusia. berikut ini adalah ciri-ciri morfologi dari cacing Enterobius vermicularis:

  1. Cacing dewasa  Enterobius vermicularis berukuran kecil, berwarna putih, yang betina jauh lebih besar dari pada yang jantan. 
  2. Ukuran cacing jantan adalah 2-5 mm,cacing jantan mempunyai sayap yang dan ekornya melingkar seperti tanda tanya.Sedangkan ukuran cacing betina adalah 8- 13 mm x 0,4mm, cacing betina mempunyai sayap , bulbus esofagus jelas sekali, ekornya panjang dan runcing. 
  3. Uterus cacing betina berbentuk gravid melebar dan penuh dengan telur. 
  4. Bentuk khas dari  Enterobius vermicularis dewasa  adalah tidak terdapat rongga mulut tetapi dijumpai adanya 3 buah bibir, bentuk esofagus bulbus ganda (double bulb oesophagus), didaerah anterior sekitar leher kutikulum cacing melebar, pelebaran yang khas disebut sayap leher (cervical alae).(Srisari G, 2006).
  5. Ukuran telur E. vermicularis yaitu 50 - 60 mikron x 20 - 30 mikron (rata - rata 55 x 26 mikron). Telur berbentuk asimetris, tidak berwarna, mempunyai dinding yang tembus sinar dan salah satu sisinya data
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Intisains - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger