Penggolongan Antibiotik Berdasarkan Aktivitasnya

0 comments

sumber gambar :www.altermedica.be
Penemuan antibiotika pertama kali ditemukan secara "tidak sengaja" oleh Dr.Alexander Flemming  pada tahun 1982 di London (antibiotik Penisilin). Menurut wikipedia, antibiotika merupakan segolongan senyawa, baik alami maupun sintetik, yang mempunyai efek menekan atau menghentikan suatu proses biokimia di dalam organisme, khususnya dalam proses infeksi oleh bakteri. Berdasarkan aktivitasnya, penggolongan antibiotika dibagi menjadi dua golongan besar, yaitu (Ganiswara, 1995; Lüllmann, Mohr, Hein & Bieger, 2005) :
  1. Antibiotika kerja luas (broad spectrum), yaitu agen yang dapat menghambat pertumbuhan dan mematikan bakteri gram positif maupun bakteri gramnegatif. Golongan ini diharapkan dapat menghambat pertumbuhan dan mematikan sebagian besar bakteri. Yang termasuk golongan ini adalah tetrasiklin dan derivatnya, kloramfenikol, ampisilin, sefalosporin, carbapenem dan lain-lain. 
  2. Antibiotika kerja sempit (narrow spectrum) adalah golongan ini hanya aktif terhadap beberapa bakteri saja. Yang termasuk golongan ini adalah penisilina, streptomisin, neomisin, basitrasin.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Intisains - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger