Perbedaan Karakteristik 5 Kingdom

0 comments

sumber gambar:palaeos.com
Menurut Biological Science Curriculum Study (BSCS), biologi memiliki objek berupa kingdom (kerajaan), yaitu Animalia (hewan), Plantae (tumbuhan), dan Protista (makhluk hidup mirip hewan atau mirip tumbuhan). Seiring dengan perkembangan ilmu dan teknologi, objek biologi yang semula hanya dibagi menjadi 3 kingdom berkembang menjadi 5 kingdom, yaitu Animalia, Plantae, Fungi, Protista, dan Monera. Bahkan saat ini, makhluk hidup dikelompokkan menjadi 6 kingdom, yaitu Animalia, Plantae, Fungi, Protista, Archaebacteria, dan Eubacteria.
Berikut ini adalah Perbedaan Karakteristik 5 Kingdom Animalia, Plantae, Fungi, Protista, dan Monera :
KINGDOMKARAKTERISTIKCONTOH
AnimaliaMultiseluler, eukariotik, bersifat heterotrof, Lebah, cacing, laba-laba, burung, dan
dan bergerak bebas.
Lebah, cacing, laba-laba, burung, dan orang utan.
PlantaeMultiseluler, eukariotik, bersifat autotrof,dan tidak dapat bergerak bebas.Bunga sepatu, melati, melinjo, padi,pisang, dan mangga.
FungiUniseluler atau multiseluler, eukariotik,mencari makan dengan menyerap (absorpsi),dan parasit atau saprofitJamur merang, jamur kuping, jamur, tempe, dan ragi tapai
ProtistaUniseluler, eukariotik, dan bersifat autotro atau heterotrofAmoeba, Paramecium, dan Euglena.
MoneraUniseluler, prokariotik, dan bersifat autotrof, atau heterotrofBakteri dan ganggang biru.
 Keterangan:
  1. Uniseluler ialah makhluk hidup bersel satu dan tidak dapat dilihat secara langsung. Kita dapat melihatnya dengan mikroskop. Fungsi kehidupan dilakukan oleh bagian-bagian penyusun sel itu sendiri.
  2. Multiseluler ialah makhluk hidup bersel banyak, dapat dilihat secara langsung tanpa bantuan mikroskop, dan tubuhnya sudah mengalami pembagian tugas yang baik.
  3. Eukariotik ialah makhluk hidup yang memiliki membran inti sel sehingga inti sel tidak bercampur dengan sitoplasma (cairan sel).
  4. Prokariotik ialah makhluk hidup yang belum memiliki membran inti sel sehingga bahan-bahan inti sel bercampur dengan sitoplasma.
  5. Heterotrof ialah makhluk hidup yang mengambil bahan organik dari makhluk hidup lain dan tidak dapat membentuk bahan organik sendiri.
  6. Autotrof ialah makhluk hidup yang dapat menyediakan bahan organik sendiri melalui proses fotosintesis. Makhluk hidup ini dicirikan dengan adanya klorofil atau kemampuan menguraikan bahan-bahan kimia sebagai energi dalam pembentukan bahan organik

Referensi: 
Sulistyorini, 2009. Biologi 1 : Untuk Sekolah menengah Atas/Madrasah Aliyah Kelas X.Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Intisains - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger